• Posted by : Unknown Senin, 05 September 2016


    contoh teks eksposisi

    Jenis-jenis teks eksposisi

    Kita mulai dari jenis teks eksposisi yang tentunya jika kita lihat ternyata teks eksposisi memiliki banyak jenis yang mempunyai makna yang berbeda-beda, nah berikut ulasan tentang jenis-jenis teks eksposisi:
    • Teks eksposisi definisi
    Eksposisi defenisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Seperti:
    Temulawakk adalah tumbuhann herbal yang berrasal dari Indonesia. Habitat tanamann ini berada di hutan tropis. Tumbuhan inii mampu hidup di dataran yang rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempunyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kanker dan lain-lain.
    • Teks eksposisi proses
    Eksposisi proses adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki maksud tentang adanya proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu.
    Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
    • Teks eksposisi Klasifikasi
    Eksposisi klasifikasi merupakan paragraf eksposisi yang memiliki isi tentang pengelompokan terhadap sesuatu.
    Adapun contoh teks eksposisi klasifikasi yaitu:
    Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian Sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.
    • Teks eksposisi pertentangan
    Eksposisi pertentangan merupakan paragraf eksposisi yang berisi mengenai sesuatu hal yang bertentangan dengan sesuatu yang lainnya.
    Adapun contoh teks eksposisi pertentangan yaitu:
    Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, dimana tajam ke bawah, namun tumpul ke atass. Pencuri sandal diancamm hukuman penjaraa 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negeraa hanya dihukumm 1 tahun penjaraa.
    • Teks eksposisi Ilustrasi
    Eksposisi ilustrasi adalah suatu paragraf eksposisi yang memberikan gambaran secara sederhana tentang sesuatu dengan sesuatu lainnya yang memiliki kemiripan atau memiliki kesamaan sifat.
    Adapun contoh teks eksposisi ilustrasi yaitu:
    Kebijakann pemerintah seringkalii menyusahkan rakyatt kecil. Misalnyaa, kenaikann harga BBM membuat sangatt meresahkan rakyatt menengah kebawahh. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti ini akan menuntuk rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya.
    • Teks eksposisi Analisis
    Eksposisi Analisis adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi membagi permasalahan pada setiap gagasan pokok menjadi sebuah bagian-bagian yang tertentu dan selanjutnya pada tiap-tiap bagian tersebut akan dikembangkan secara tersistematis.
    • Teks eksposisi perbandingan
    Eksposisi perbandingan adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi mengenai penjelasan ide pada sebuah kalimat utama dengan melakukan perbandingan dengan hal yang lainnya.
    • Teks eksposisi berita
    Eksposisi berita adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi mengenai berita peristiwa yang tertentu.
    Adapun contoh teks eksposisi berita yaitu:
    Para penjual makanann mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnyaa, naiknya hargaa BBM membuatt bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjuall harus menyiasati hal ini dengann memperkecill porsi atau menaikkann harga makanan yangg mereka jual.
    Nah dari beberapa uraian diatas mengenai jenis-jenis teks ekposisi diatas mudah-mudahan bisa dimengerti. Selanjutnya kita beralih pada pembahasan ciri-ciri teks eksposisi
    Ciri-ciri teks eksposisi
    Dari jenis-jenis teks eksposisi yang ada diatas, mengenai contoh-contoh teks eksposisi pada setiap jenis teks eksposisi tersebut maka kita bisa menganalisis seperti apa ciri-ciri teks eksposisi atau karakteristik teks eksposisi itu. Bagi anda yang belum tahu ciri-ciri teks eksposisi maka silahkan lihat yanga ada dibawah ini:
    • Teks eksposisi harus menjelaskan segala informasi atau pengetahuan
    • Teks eksposisi mesti menggunakan gaya informasi yang persuasif atau mengajak.
    • Teks eksposisi harus memberikan penyampaian seara lugas dan mengeluarkan bahasa yang baku.
    • Teks eksposisi tidak melakukan pemihakan yang artiny tidak untuk memaksakan kehendak penulis terhadap pembaca
    • Teks eksposisi mesti menyajikan sebuah fakta yang digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.
    Kemudian selanjutnya kita akan membahas seperti apa struktur teks eksposisi?

    Struktur Teks ekposisi

    1. TESIS
    Tesis merupakan suatu bagian yang memiliki isi tentang sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalah yang akan diangkat. Istila ini berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan atau dapat juga disebut sebagai teori yang nanti akan diperkuat oleh sebuah argumen. Didalam contoh teks eksposi pada bagian ini merupakan sesuatu yang penting yang muncul di awal teks meskipun terdapat kemungkinan bisa diletakkan kembali dibagian akhir (sebuah penegasan ulang).
    Adapun contoh teks eksposisi dalam struktur tesis:
    Kopi mampu membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut
    1. Argumentasi
    Argumentasi merupakan suatu bentuk bukti atau alasan yang dipergunakan dalam memperkuat pendapat dalam sebuah tesis meskipun pada umumnya argumentasi juga bisa kita gunakan untuk menolak suatu pernyataan. Argumentasi bisa berupa pernyataan umum atau generalisasi atau bisa juga berupa data sebuah hasil temuan penelitian, pernyataan dari para ahli atau fakta-fakta yang didasari dari referensi yang bisa dipercayai.
    Adapun contoh teks eksposisi dari struktur argumentasi:
    • Kopi ternyata memiliki kandungan senyawa bersifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri ada dalam mulut.
    • Kopi juga mengandungg zat trignelline yang dapat mencegah gigi berlubangg.
    • Penegasan ulang atau simpulan
    Ini adalah bagian terakhirr dari struktur teks eksposisi. Bagiann ini mengandung pernyataan simpulann yang menegaskan kembalii tesis yang sudah dikemukakan di awal teks dan dapat dibuktikan atau bisa diperkuat oleh unsur argumen yang ada di poin kedua.
    Adapun contoh teks eksposisi dari struktur argumentasi.
    Kopi yang mengandungg senyawa antibakterii terbukti mampu menjaga kesehatan mulutt dari bakterii dan mampu mencegahh gigi berlubang karena memiliki kandungan zat trigonelline.
    Tujuan teks eksposisi
    Tujuan teks esposisi yaitu untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca.
    Gimana kawan-kawan? Berdasarkan hal diatas maka kita sudah mengerti seperti apa pengertian teks eksposis, contoh-contoh teks eksposisi, struktur teks eksposisi dan tujuan eksposisi.
    Berikut kita akan beralih pada contoh-contoh teks eksposisi, disini saya akan menyajikan secara lengkap teks eksposisi tentang pendidikan, politik, kesehatan, ekonomi dan teknologi. Berikut ulasannya:

    Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

    Pendidikan adalah senjataa paling ampuh, karena dengann pendidikan mampuu mengubah dunia. Sebenarnya, apa itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat. Pendidikan yang ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana untuk merenovasi dan membangun gedung sekolah, dan menggratiskan untuk biaya pendidikan. Apa yang mesti disadari oleh pelajar adalah adanya keinginan belajar dan berprestasi. Dengan tekad bisa membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, haruslah para pelajar segera menyadari bahwa pemerintah sudah membantu mereka secara tak langsung dengan membantuu pendidikan Indonesia. Pelajar mesti memberikann yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikann yang sudah ditopangg oleh pemerintah. Dengan begitu, pasti derajat Indonesia akan lebih diakui dikancah dunia. Selain itu, Indonesia jugaa akan banyakk didatangi oleh investor asing, sehingga mampu meningkatkan perekonomiann dalam negeri. Namun, pendidikann kadang dicemari karena ulah para oknum yang tidak bertanggungjawab, mencorengg dunia pendidikan Indonesiaa. Itu juga mesti diberantas. Bagaimana caranya? Dengan mendatanggkan guru yangg berkualitas dan sosialisasii kepada para murid, diharapkann dapat menekan angkaa ulah oknumm tidak bertanggungjawabb ini. Sering kitaa lihat di koran atau televisi, adanya tingkat kekerasan disekolah dan bullying (penganiayaan) terhadap sesamaa teman sejawat. Itu jugaa perlu dihindarii demi kemajuan pendidikann Indonesia.

    Contoh teks eksposisi tentang Ekonomi

    Ekonomi Indonesia
    Tesis
    Ekonomi Rakyat adalah “kegiatann ekonomi rakyat banyakk”. Jika dikaitkan dengan kegiatann pertanian, maka yang dimaksudd dengan kegiatann ekonomi rakyat adalah kegiatann pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomii rakyat adalah kegiatan ekonomi petanii atau petternak atau nelayan kecil, petani gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunan dan sejenisnya.
    Argumentasi
    Perspektiff lain dari ekonomi rakyat ddapat pula dilihat dengann menggunakan perspektif jargon:”ekonomi darii rakyat, oleh rakyatt, dan untuk rakyat”
    “Dari rakyat”, berartii kegiatan ekonomi ituu berkaitan dengan penguasaann rakyat dan aksesibilitas rakyatt terhadap sumber daya ekonomii. Rakyat menguasai dan memilikii hak atas sumber dayaa untuk mendukung kegiatann produktif dan konsumtifnyaa.
    “Oleh Rakyat”, berrarti proses produksi dan konsumsii dilakukan dan diputuskan oleh rakyatt. Rakyat memiliki hak atass pengelolaan prosess produktif dan konsumtif tersebutt. Berkaitan dengan sumberdayaa (produktif dan konsumtif), rakyat mempunyai alternatif untukk memilih dan menentuukan sistem pemanfaatann, seperti berapa banyak jumlahh yang harus dimanfaattkan, siapa yang memanfaatkann, bagaimana proses pemanfaatannyaa, bagaimana menjagaa kelestariann bagi proses pemanfaatann berikutnyaa, dan sebagainya.
    “Untuk rakyat”, berarti rakyat banyakk merupakan ‘beneficiaries utama dari setiapp kegiatan produksii dan konsumsi. Rakyat menerima manfaatt, dan indikator kemanfaatan palingg utama adalah kepentingann rakyat.
    Penegasan Ulang
    Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwaa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tak ada pembatasann mengenai besarann, jenis produk, permodalan, sifat usaha dan sebagainya. Ekonomi rakyatt tidak ekslusif tetapi inklusif dan terbbuka. Kendati demikian, sifat fundamental diatas telahh pula menciptakann suatu sistem ekonomii yang terdiri darii pelaku ekonomi, norma, kesepakatan dan mekanisme transaksi, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomii rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalann dengan perkembangan sosiall ekonomi masyarakatnnya.
    Contoh Teks Eksposisi Pengetahuan ALam
    Sedna, Planet yang kesepuluh ditata Surya?
    Benda langit yang telah ditemukan pada beberapa waktu lalu mungkin merupakan planet yang kesepuluh dalam tata surya kita. Para ilmuwan tengah mempertimbangkan untuk memberikan nama benda langit tersebut dengan nama yaitu Sedna. Ukuran batu yang berlapis es ini tetap belum diketahui secara pasti akan tetapi terdapat dugaan ia sedikit lebih besar dibanding pluto.
    Pada perhitungan awal telah diduga pada benda langit tersebut memiliki jarak sekitar 7,5 milliar sampai 10 milliar kilometer dari Bumi, pada wilayah antraksi juga telah dikenal sebagai Sabu Kuiper atau Kuiper Belt (read: KB). Kuiper Belt atau KB memiliki ratusan objek dan kebanyakan anggota KB merupakan terdiri atas beberapa batu yang berlapis es yang berukuran kecil, akan tetapi ada beberapa diantaranya sama dengan Sedna bisa berukuran sebesar atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan Pluto.
    Pentingnya Sedna sehingga mulai diusulkan menjadi sebuah Planet disebabkan ia merupakan benda langit yang mempunyai orbit yang normal. Objek yang sejenis dengannya yaitu seperti Varuna dan Quaoar yang juga termasuk pada jajaran KB, tapi telah diketahui bahwa keduanya tidak mempunyai orbit norma dan seringkali berpindah. Nah, untuk dapat menentukan apakah orbit Sedna itu benar-benar stabis, maka para astronom yang ada di observatorium Tenagra yang ada di Arizona sudah dimintai untuk dapat meneliti jalur Sedna. Alhasil nantinya akan dapat digunakan dalam menentukan apakah benda langit tersebut dapat digolongkan menjadi sebuah planet.
    Contoh teks eksposisi ekonomi
    Manfaat Bursa Efek
    Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi tempat pertemuan untuk dapat memperoleh informasi mengenai keadaan pasar efek. Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk dapat mengetahui seperti apa situasi pinjaman jangka panjang seperti Obligasi dan saham. Dengan adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa telah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai kesempatan yang lebih luas lagi dalam mengembangkan investasi yang akhirnya akan dapat menggugah adanya peningkatan produksi. Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada didalam masyarakat.
    Liberalisasi Migas
    Sesudah sektor hulu migas telah berhasil di liberalisasi maka pada sumber migas sebagian besar akan dikuasai oleh pihak Asing, sekarang pada sektor hilir pun akan dibuka untuk pihak asing. Ini dengan jelas diungkapkan oleh Menteri ESDM Kabinet Indonesia Bersatu jilid I yaitu purnomo Yusgiantoro, yang dimana pada tahun 2010 harga BBM yang murni akan dikembalikan pada mekanisme persaingan usaha yang wajar dan sehat.
    Pada proses kenaikan harga BBM sekarang ini bahkan telah melebihi harga internasional. Dengan demikian, liberalisasi sudah terjadi dan SPBU asing akhirnya mulai dalam meraup untung karena mereka senang bersaing dengan SPBU pertamina.
    Contoh teks eksposisi politik
    Media Massa Jadi Setan Bisu
    Hampir disetiap media massa tak ada yang bisa mengkritisi argumentasi terhadap kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh pemerintah. Entah, memang karena para media massa tidak memahami atau sudah terkooptasi oleh kehadiran kepentingan penguasa, mereka akhirnya mengikut saja atas kemauan pemerintah.
    Malahan terdapat beberapa media yang justru menjadi corong kebohongan dari pemerintah. Media-media ini telah menampilkan para pakar yang selama ini berada di belakang para penguasa. Juga para pakar ekonomi yang telah dikenal dalam berhaluan liberal dan sudah menjadi bagian dari para mafia Berkeley. Bahka mereka tak sedikitpun memberikan ruang kepada orang-orang yang telah mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang dapat memberatkan rakyat. Kwik Kian Gie sebagai salah satu contoh bahwa dia telah mengaku sudah di blacklis oleh para media besar karena telah berani mengkritik pemerintah dari setiap kebijakan dalam perekonomiannya. Untunglah masih ada satu saluran televisi yang masih ingin menerima saya. Mungkin saja karena televisi tersebut punyanya KMP ” katanya berseloroh.
    Demikianlah informasi mengenai kumpulan contoh teks eksposisi, bagi anda yang ingin mengetahui contoh teks eksposisi kesehatan, politik dan teknologi 

    0 komentar

  • Copyright © - Wait For It - Wait For It - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan