• Posted by : Unknown Senin, 05 September 2016

    Pada tahun 2011, Google telah mengumumkan berhenti mengembangkan Google Friend Connect untuk situs non-Blogger. Layanan ini kemudian hanya hadir untuk Blogger semata, tujuannya guna memberikan pembaca cara mudah mengikuti blog menggunakan berbagai akun.

    Dulu untuk menggunakan Google Friend Connect kita bisa login dengan Twitter, Yahoo, Orkut atau penyedia OpenID lainnya. Namun per tanggal 11 Januari 2016, Google menutup seluruh akses tersebut dan hanya membolehkan menggunakan Akun Google.

    (Baca Juga: Artikel Pendidikan)

    Perubahan ini tentu saja ibarat badai bagi beberapa blogger. Bagaimana tidak, dengan perubahan ini, jumlah followers di blog akan berkurang. Apalagi jika followersnya banyak dari akun non Google. Blogooblok pun mengalaminya, walau tidak seberapa.

    Jadi, buat teman-teman blogger yang ingin mengikuti satu blog dari blogspot sebaiknya menggunakan akun Google. Karena semua akun Google saat ini telah tersingkronisasi. Jadi pengelolaan datanya lebih mudah.

    Apa Itu Google Friend Connect?

    Mungkin beberapa masih ada yang bertanya tentang Google Friend Connect ini. Google Friend Connect merupakan layanan social networking milik Google. Layanan ini, memungkinan para pemilik website termasuk blog bisa terhubung satu sama lain.

    Dulunya, Google Friend Connect punya satu laman khusus yang digunakan para blogger berinteraksi, namun kini hanya bisa dinikmati melalui dasbor blogspot saja. Di dasbor layanan ini dikenal dengan sebutan Daftar Bacaan. Letaknya tepat dibawah blog.

    (Baca Juga: cara membuat blog)

    Semakin banyak blog yang diikuti maka akan semakin banyak daftar bacaan yang muncul. Itu artinya akan semakin banyak referensi untuk menulis. Jadi, mulailah untuk mengikuti blog yang kamu rasa bagus dan penting.

    Cara Mengikuti Blog dengan Google Friend Connect

    Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti satu blog. Keduanya memberikan hasil yang sama namun cara yang berbeda. Ada yang sedikit lebih lama, ada yang sangat singat. Berikut Blogooblok berikan tutorialnya.

    1. Follow dari Widget
    Biasanya blogger akan memasang widget follow di blognya. Widget ini bertuliskan Join This Site. Yang biasanya dipasang dengan jumlah followers dibawahnya. Untuk bergabung, tinggal tekan tombol Join This Site teresebut.

    Kalau di Blogooblok tombol ini terletak di sidebar kanan bawah tanpa jumlah followers. Jika sudah ditekan, maka akan muncul laman login untuk akun Google, silahkan isi dengan data-data Anda.



    Jika berhasil login maka akan muncul laman seperti berikut. Silahkan pilih jenis follow yang Anda inginkan. Ada dua jenis yang disediakan, yakni ikuti secara publik atau ikuti secara pribadi. Kalau saran saya lebih baik secara publik. Setelah itu klik Ikuti.


    Jika sukses, maka tampilannya seperti berikut. Itu artinya blog yang Anda ikuti sudah muncul di daftar bacaan Anda.


    2. Follow dari Dasbor
    Cara yang kedua ini lebih mudah dan singkat. Pada laman Home blogger Anda, tepat dibawah daftar blog-blog Anda akan muncul daftar bacaan. Disebelah kiri ada tombol Tambahkan. Silahkan klik tombol tersebut.



    Setelah itu akan muncul popup seperti gambar dibawah ini. Anda tinggal memasukkan URL blog yang ingin diikuti dan memilih dua opsi yang disediakan. Sekali lagi opsinya publik dan pribadi. Setelah itu klik Ikuti.



    Blog yang berhasil Anda tambahkan akan muncul di home akun blogger Anda. Semakin banyak blog yang diikuti akan semakin kaya informasi yang masuk. Anda sisa memilih blog mana yang ingin diketahui updatennya.

    0 komentar

  • Copyright © - Wait For It - Wait For It - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan